YOU ARE HERE: HOMEApa Itu Website Statis?

Apa Itu Website Statis?

Mengenal Lebih Dalam Apa Itu Website Statis?

Apa itu website statis? Bagaimana karakter website statis? Hal ini adalah pertanyaan yang umum ditanyakan oleh orang awam. Saat mengakses internet, semua orang bisa mengakses sebuah website, tapi website tersebut masuk jenis website apa kadang kurang dipahami oleh orang awam.

Sebagai sebuah pengetahuan, berikut akan dijelaskan secara mendalam mengenai apa itu website dan jenis-jenis website, terutama jenis website statis.

Pengertian Website

Definisi Website adalah sekumpulan halaman yang tersimpan dalam hosting dan saling terhubung. Berisi sekumpulan informasi dalam bentuk teks, gambar, maupun video dan dapat diakses melalui suatu domain tertentu.

Berdasarkan fungsinya, website terbagi dalam beberapa jenis. Jenis-jenis yang umum kita gunakan diantaranya adalah search engine, e-commerce, blog, forum, news, social media, dll. Berdasarkan platformnya, website terbagi dalam 3 jenis yaitu, CMS, Website Builder, dan HTML – CSS. Sedangkan berdasarkan sifatnya, website terbagi dalam 2 jenis yaitu website statis dan website dinamis.

Pengertian Apa Itu Website Statis?

Apa itu website statis? Secara sederhana, jenis website ini adalah web yang memiliki konten yang konstan. Informasi yang ditunjukan, pada setiap halaman, isinya sama untuk setiap pengunjung web.

Pengunjung tidak memiliki akses untuk melakukan pengubahan. Hanya bisa melihat informasinya semata. Yang bisa mengganti isi konten hanyalah developernya. Biasanya website statis ini dibuat menggunakan code HTML dan CSS, dimana hanya developer yang memiliki akses codenya.

Website statis biasanya tidak membutuhkan update secara berkala. Maka dari itu, pada website ini biasanya tidak dilengkapi oleh database. Karena hal inilah biasanya website ini lebih cepat untuk diakses dibandingkan website dinamis yang lebih kompleks.

Website statis ini biasanya digunakan untuk website tentang profil perusahaan tertentu. Website tersebut hanya butuh untuk menyampaikan sejumlah informasi dasar.

Bisa dibilang, website statis ini dibuat lebih sederhana mengingat kebutuhannya yang tidak terlalu kompleks. Berbeda dengan website dinamis yang butuh untuk diupdate secara berkala dan adanya akses kepada user untuk melakukan perubahan konten pada lini tertentu.

Dengan menyimak penjelasan diatas, diharapkan kamu bisa sedikit lebih memahami apa itu website statis? Semoga bisa menjadi tambahan pengetahuan terhadap jenis-jenis website.