YOU ARE HERE: HOMEApa Itu Website Dinamis?

Apa Itu Website Dinamis?

Mengenal Lebih Dalam Apa Itu Website Dinamis?

Apa itu website dinamis? Masuk dalam jenis apakah website semacam ini? Apa saja contoh dari website dinamis? Selain bahasa pemrograman, hal-hal ini juga perlu kamu pahami sebelum belajar membuat website.

Website ternyata memiliki beberapa jenis tertentu. Berdasarkan sifatnya, ada 2 pembagian jenis yaitu website statis dan dinamis. Untuk saat ini, jenis website dinamis lebih umum beredar. Berikut sedikit penjelasan tentang website dinamis.

Pengertian Apa itu Web Dinamis?

Apa itu website dinamis? Secara sederhana, website dinamis adalah sebuah web dimana kontennya bisa berubah-ubah, bahkan user bisa melakukan pengubahan konten. Developer sudah membangun website tersebut sedemikian rupa, supaya user bisa melakukan perubahan-perubahan pada lini tertentu tanpa harus menguasai bahasa pemrograman.

Ada beberapa contoh website dinamis yang umum kita gunakan diantaranya :

Website sosial media

Di website sosial media ini, ada banyak user yang bisa membuat halaman profil masing-masing. Aktifitas user di website sosial media ini juga cukup intens dengan diberikannya kolom status dan komentar. Untuk setiap status dan komentar yang dipost, akan menjadikan perubahan pada konten website, bahkan dalam waktu yang real time. Proses ini juga bisa dilakukan user tanpa perlu akses bagian back-end nya.

Website marketplace

Di website marketplace, setiap orang bisa membuat profil toko online masing-masing. Dalam tiap profil toko online, katalog produknya, deskripsi pada setiap produknya, dan hal-hal lain bisa diubah oleh user dengan mudah. Dalam website ini bahkan berjalan sebuah transaksi jual beli, dimana setiap terjadi pembelian, akan ada terjadi perubahan konten.

Website Blogging

Di website blogging, setiap orang bisa membuat halaman blognya sendiri. Struktur blog bisa diubah melalui halaman control panel yang sudah disediakan. Blog juga bisa diupdate tulisannya, dan hal-hal pelengkap lainnya. Dalam blog juga bisa terjadi saling berbalas komentar.

Dari beberapa contoh diatas, digambarkan bahwa website dinamis tidak sekedar membagikan informasi semata pada pengunjung web. Pengunjung web juga diberikan akses tertentu (tentu saja ada batasan akses) untuk melakukan perubahan konten web.

Semoga dengan penjelasan dan beberapa contoh diatas, kamu semakin mengerti apa itu website dinamis?