YOU ARE HERE: HOMEApa Itu Website?

Apa Itu Website?

Sekilas Info Tentang Website yang Perlu Kita Ketahui

Apa itu website?

Website merupakan suatu istilah dalam Bahasa Inggris, bila kita alih bahasakan ke dalam Bahasa Indonesia yaitu situs web.

Pengertian dari website itu sendiri adalah kumpulan informasi berupa data yang masing-masing dapat berbentuk teks, berupa gambar, berisi suara, berbentuk video atau gabungan dari macam-macam bentuk data tadi yang berada dalam suatu halaman web dan saling berhubungan satu sama lain. Kumpulan informasi ini diperuntukkan bagi individu atau perorangan maupun organisasi, institusi, atau perusahaan untuk kepentingan internal atau untuk dibagikan ke publik.

Website umumnya ditempatkan pada sebuah server web atau peladen web yang dapat diakses pada jaringan Internet, ataupun jaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat Internet yang disebut sebagai URL. Gabungan dari situs-situs yang dapat diakses publik di Internet disebut dengan World Wide Web atau dikenal dengan singkatan WWW.

Apakah Anda tahu asal mula website? Mari kita simak sekilas info tentang sejarah website berikut.

Sejarah Adanya website

Website atau situs web ditemukan oleh Sir Timothy John “Tim” Berners-Lee, seorang ilmuwan di bidang komputer berkebangsaan Inggris.

Lulusan dari Universitas Queen di Oxford University, Inggris ini merancang website dengan maksud untuk memudahkan tukar menukar dan memperbarui informasi pada sesama peneliti di tempat Tim bekerja, yaitu CERN. Namun pada pada tanggal 30 April 1993, Tim mengumumkan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh publik.

Kontribusi terbesarnya dalam memajukan World Wide Web dengan tidak mempatenkannya dan dapat digunakan secara bebas membuat Ratu Elizabeth II memberikan gelar kehormatan KBE pada tanggal 16 Juli 2004 sebagai penghormatan atas jasa-jasanya.

Macam Website

Ada tiga macam website yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. Website Statis
Website yang isi halamannya atau kontennya tidak berubah karena tidak diperuntukkan agar dapat diperbarui secara berkala. Maka untuk melakukan perubahan pada halamannya hanya bisa dilakukan secara manual, contohnya website company profile.

2. Website Dinamis
Website yang didesain agar isi halamannya atau kontennya dapat diperbarui secara berkala dengan mudah, contohnya website portal berita.

3. Website Interaktif
Website yang dibuat agar para pengguna dapat saling berhubungan dengan mengadakan interaksi, contohnya blog dan forum.

Demikian sekilas info tentang website yang perlu kita ketahui. Mari kita ikuti info-info lain terkait website pada artikel-artikel selanjutnya.