YOU ARE HERE: HOMEApa Itu Blackhat SEO?

Apa Itu Blackhat SEO?

Apa Itu Blackhat SEO? Mengapa Itu Berbahaya Bagi Websitemu?

Apa itu Blackhat SEO? Saat ini, ribuan website telah ada di internet. Semakin banyaknya website ini, tentu saja persaingan untuk mendapatkan pengunjung atau traffic sangatlah sengit. Salah satu cara untuk menarik traffic adalah menggunakan SEO. Ada berbagai cara SEO, cara-cara blackhat SEO cukup populer, tapi sayangnya cara ini bisa berbahaya bagi website kamu.

Kenapa bisa demikian? Hal ini karena blackhat SEO merupakan cara SEO yang jahat atau curang. Memang cara ini cukup mudah dan bisa memberikan hasil lebih instan, tapi ada resiko hukuman dari search engine yang bisa merugikan posisi websitemu.

Mengenal Apa Itu Blackhat SEO

Apa itu Blackhat SEO? Sederhananya, ini adalah sebuah teknik untuk membuat sebuah website atau halaman tertentu di dalam website bisa tampil di halaman awal mesin pencari, dengan memanfaatkan cara-cara curang.
Resiko hukuman dari search engine bagi website yang menggunakan blackhat SEO sebenarnya sudah cukup umum diketahui, bahkan oleh SEO Spesialis. Tapi kenapa metode ini masih sering digunakan? Tak lain dan tak bukan, alasannya karena waktu yang singkat untuk memperoleh hasil terbaik.

Sebenarnya, prinsip kerja search engine adalah untuk memberikan rekomendasi konten yang paling relevan bagi orang yang sedang melakukan pencarian. Ada algoritma tertentu yang berjalan pada search engine hingga akhirnya ada beberapa website atau halaman yang ditampilkan.

Nah, metode Blackhat ini bisa dibilang mengakali algoritma dari search engine, agar website miliknya bisa berada di posisi terbaik pencarian.

Teknik Blackhat SEO Paling Populer Digunakan

  • Keyword Stuffing. Teknik ini adalah dengan menuliskan keyword dan beberapa variasinya di satu halaman secara berulang-ulang. Peletakannya biasanya tidak natural, tujuan utamaya adalah keyword diulang sesering mungkin dalam satu halaman.
  • Paid Backlinks. Teknik ini berupa pebelian backlink, yang nantinya website akan mendapatkan backlink tertentu pada website yang tidak relevan. Targetnya adalah mendapatkan backlink sebanyak-banyaknya.
  • Spam Kolom Komentar. Hampir sama dengan backlink, spam di kolom komentar targetnya adalah menyebarkan link dari website yang ingin di optimasi.
  • Link Farming. Membuat sendiri sejumlah website abal-abal yang kemudian memberikan backlink pada website yang sedang ingin di optimasi.

Bagaimana, apakah kamu sudah paham apa itu Blackhat SEO? Metode ini memang bisa memberikan hasil secara instan, tapi jangan sampai kamu menyesal karena website mu mendapatkan hukuman, dan kerja kerasmu untuk membangun website malah menjadi sia-sia.